seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

Perlu Diwaspadai, Penyakit Menyerang Saat Banjir dan Perubahan Cuaca

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul. FOTO : ISTIMEWA

SB, PALANGKA RAYA - Kondisi cuaca yang tidak menentu, dan beberapa daerah terdampak banjir, sehingga harus diwaspadai datangnya penyakit.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul mengatakan, saat ini ditengah cuaca wilayah Kalteng sering berubah-ubah, dimana kadang panas kadang hujan. Keadaan tersebut akan membuat rentan penyakit menular terjadi.

"Meskipun saat ini belum ditemukan terkait penyakit yang menonjol, namun perlu kita waspadai terhadap penyakit yang bisa saja menular, seperti penyakit flu, batuk," kata Suyuti Syamsul, pada Rabu (21/9/2022).

Lanjut Suyuti, Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng akan selalu berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan kabupaten dan kota, khususnya dalam segi pelayanan kesehatan.

"Meskipun masih bisa dilayani secara mandiri oleh kabupaten-kota, tapi tetap dilakukan pengawasan guna mencegah penyebaran penyakit menular," jelasnya.

"Dinkes Kalteng, juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan pribadi, makanan dan lingkungan semaksimal yang bisa dilakukan," tandasnya. (kn)