seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

Bupati Kotim Terima Kunjungan Komandan Pangkalan TNI AU

by Redaksi - Tanggal 20-04-2024,   jam 02:34:11
Bupati Kabupaten Kotim, H Halikinnor saat menerima kunjungan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Iskandar Letkol Pnb David Moningka di Rumah Jabatan. (FOTO:ABU)

SB, SAMPIT - Bupati Kabuaten Kotawaringin Timur (Kotim), H Halikinnor menyambut kunjungan kerja Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Iskandar Letkol Pnb David Moningka di Rumah Jabatan, Sabtu (20/4/2024).

Audiensi tersebut membahas sejumlah isu salah satunya permasalahan penerbangan di Bandara H Asan Sampit, dimana harga tiket cukup tinggi karena kurangnya penerbangan di bandara tersebut.

"Permasalahan Bandara H Asan Sampit terkendala panjang landasan yang terbatas sehingga maskapai sedikit yang masuk menyebabkan harga tiket cukup mahal," kata Halikinnor.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Iskandar Letkol Pnb David Moningka mengatakan, pertemuan tersebut sebagai bentuk silaturahmi dalam rangka HUT ke-78 TNI Angkatan Udara.

Terkait dengan bandar udara di Sampit ia menilai merupakan salah satu aset yang cukup bisa digunakan apabila terjadi kontigensi.

Olehnya itu lanjutnya, memang perlu untuk diperpanjang dan dilebarkan agar pesawat besar bisa masuk dan menarik maskapai untuk membuka rute di Sampit.

"Pemkab memang memiliki kewenangan menyediakan fasilitas dan keamanan sekitar bandara, sementara kewenangan untuk perpanjangan landasan itu ada di kementrian dan itu memang diperlukan," ucapnya. (f1/sb)