seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

BPBD Simulasi Tangani Korban Gempa

by Redaksi - Tanggal 28-04-2024,   jam 04:04:51
BPBD melakukan simuytangani korban gempa. (FOTO: ISTIMEWA)

SB, SAMPIT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan simulasi penanganan gempa dalam rangka memperingati hari kesiapsiagaan bencana.

"Rangkaian kegiatan kesiapsiagaan bencana sudah kami mulai sejak kemarin, kami melakukan simulasi bencana gempa," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap Siagaan Bambang Supiansyah, Sabtu (27/4/2024).

Ia menjelaskan, simulasi penanganan bencana gempa dipilih oleh BPBD Kotim karena masyarakat Kotim baru saja digegerkan gempa beberapa waktu lalu.

Gempa bahkan dirasakan masyarakat selama 3 kali dalam kurun waktu belum genap satu tahun. Sehingga simulasi penanganan korban gempa dianggap penting untuk antisipasi ke depan.

"Kalau simulasi penanganan banjir atau kebakaran sudah sering kita laksanakan karena 2 bencana itu yang sering melanda Kotim," ujarnya.

Puncak peringatan hari kesiapsiagaan bencana di Kotim digelar hari ini dengan konvoi mengelilingi kota Sampit dan menyalakan sirine serepukul 10.00 WIB di Jalan Tjilik Riwut.

Konvoi ini melibatkan Damkar, Basarnas, Satpol PP, Redkar Ketapu, Dompet Peduli, PMI, Dinkes dan Satlantas. Dengan total armada 21 mobil dan 6 motor trail. (f1/sb)