seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

Hadiri Forum Koordinasi Program PESIAR BPJS Kesehatan, Richard: Ada Berapa Hal Perlu Diperhatikan

by Redaksi - Tanggal 11-07-2024,   jam 02:05:48
Sekda Kabupaten Gumas, Richard saat mengikuti kegiatan Forum Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi Implementasi PESIAR BPJS Kesehatan. (FOTO:ISTIMEWA)

SB, KUALA KURUN - Sekretaris Daerah (Sekda) Gunung Mas (Gumas), Richard menghadiri Forum Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi Implementasi Pelaksanaan Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Tahun 2024, bertempat di Aula Bapperida Gumas pada Rabu (10/7/2024).

Kegiatan dihadiri Kepala Perangkat Daerah terkait atau yang mewakili, Camat Kurun, Kepala Desa Hurung Bunut, Kepala Desa Petak Bahandang, Kepala Desa Tumbang Miwan dan tamu undangan lainnya.

“Kita menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, terutama kepada BPJS cabang Palangka Raya yang sudah memberikan supportnya,” terang Sekda Gumas.

Richard mengatakan, yang perlu diperhatikan sekarang ini, diantaranya dimana program yang sudah ada seperti Universal Health Coverage (UHC), JKN KIS dan berbagai program lainnya dapat terus ditingkatkan

“Kita fokuskan nantinya posisi keaktifan peserta diatas 75 persem, tidak hanya mereka terdaftar namun mereka juga aktif,” sambungnya

Dan dirinya menambahkan, yang menjadi perhatian juga adalah kondisi penduduk, dikarenakan adanya keluar masuk penduduk, apakah itu penduduk yang menetap atau sifatnya pekerja yang berpindah-pindah. Hal ini perlu didata sehingga penduduk tersebut dapat mengikuti program-program yang ada di BPJS Kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS cabang Palangka Raya, Hindro Kusumo, mengungkapkan bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi seperti beberapa desa yang keaktifannya belum mencapai 75 persen.

“Hal tersebut terkait dengan dinamika penduduk, ada yang masuk dan ada yang keluar, yang masuk ini mungkin belum terdaftar atau belum aktif, sehingga itu akan mengubah posisi keaktifan peserta di desa-desa yang ada di Kab. Gumas, Harapan kedepannya akan ada sinergi antar Perangkat Daerah dan Perangkat Desa untuk mencapai keaktifan peserta bersamaan dengan program-program yang lain,” tutupnya. (*)