seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

Idul Adha 2022, Pemkab Lamandau Qurban 70 Ekor Sapi

by Redaksi - Tanggal 06-07-2022,   jam 09:33:14
Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana menyerahkan bantuan sapi untuk qurban kepada perwakilan pengurus masjid, di Halaman Kantor Bupati Lamandau, Senin (4/7/2022).

NANGA BULIK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau memberikan bantuan 70 ekor sapi untuk qurban, pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2022 ini. Pemberian bantuan diserahkan langsung Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana, dan untuk disalurkan masjid- masjid sejumlah kecamatan di Kabupaten Lamandau. 

"Pemkab Lamandau bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Lamandau, mulai menyerahkan hewan qurban yang disebarkan ke sejumlah wilayah pada hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 mendatang," ucap H. Hendra Lesmana, pada Senin (4/7/2022).

Menurut Bupati Hendra, hewan qurban yang diberikan pemerintah dipastikan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat yang secara swadaya, atau mandiri berkurban juga memastikan hewan kurbannya telah bersertifikasi bebas dari PMK. 

"Saat ini PMK merupakan penyakit hewan menular yang menyerang hewan berkuku belah, baik hewan ternak maupun hewan liar seperti sapi, kerbau, domba, kambing, babi, rusa/kijang, onta dan lainnya," lanjutnya.

“Saya minta, terkait PMK bisa menjadi perhatian semua pihak, terutama dalam hal pengawasan, sehingga daging qurban yang diterima masyarakat terjamin kesehatannya,” jelasnya. 

Bupati mengatakan, apalagi kebutuhan terhadap hewan qurban, seperti sapi dan kambing menjelang hari raya idul adha, akan meningkat tajam atau banyak diminati masyarakat. “Dinas terkait, saya minta maksimalkan pendampingan di lapangan, dan melakukan monitoring terhadap peredaran hewan qurban di Kabupaten Lamandau,” tandasnya. (dm)