seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

Dewan Kota Dorong Penguatan Literasi Digital Kepada Masyarakat

by Redaksi - Tanggal 20-11-2023,   jam 05:24:17
Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Norhaini. (FOTO: ISTIMEWA)

SB, PALANGKA RAYA - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Norhaini mendorong pemerintah setempat untuk meningkatkan literasi digital masyarakat.

Karena menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan pengetahuan agar tidak menjadi korban penipuan ditengah perkembangan digitalisasi sekarang ini.

"Ditengah perkembangan era digital, banyak oknum memanfaatkan untuk melakukan penipuan. Maka dari itu masyarakat harus mendapat pengetahuan agar tidak menjadi korban," ucap Norhaini, Senin (20/11/2023).

Padahal lanjut srikandi DPRD Palangka Raya ini, dengan memiliki pemahaman dan pengetahuan akan literasi digital dan literasi keuangan, menjadi kunci guna menghindari terjadinya penipuan digital. 

"Harus disadari saat ini telah bermunculan beragam modus penipuan digital. Bahkan dalam aksi penipuannya semakin canggih. Jadi intinya, janganlah mudah percaya, atau tergoda serta terjebak. Cari tahu informasi dan kebenarannya terlebih dahulu," tukas Norhaini.

Dan dirinya mengakui, dalam penguatan mitigasi literasi digital dan literasi keuangan sudah sering dilakukan pemerintah dan pihak terkait lainnya. Seperti dari pihak perbankan ataupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang selalu mengingatkan masyarakat untuk waspada atau tidak terjebak adanya modus penipuan digital.

"Meski begitu masih banyak masyarakat menjadi korban penipuan, maka masyarakat juga harus memahami dalam penggunaan era digital sekarang ini," tutupnya. (sb)