seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

Orang Utan Bobot 82,6 Kg Berkeliaran di Bandara H Asan Sampit Berhasil Dievakuasi

by Redaksi - Tanggal 27-04-2024,   jam 11:27:25
Tim Rescue saat mengevakuasi orang utan yang sempat berkeliaran sekitar Bandara H Asan Sampit. (FOTO:ISTIMEWA)

SB, PALANGKA RAYA – Orang Utan berukuran besar yang berkeliaran sekitar Bandara H Asan Sampit akhirnya berhasil dievakuasi tim WRU SKW 2 dan Yayasan OFI pada Jumat (26/4/2024) malam.

“Bobot orang utan yang kita evakuasi 82,6 kg berjenis kelamin jantan. Usianya kurang lebih 30 tahun,” ucap Komandan BKSDA Pos Sampit, Muriansyah kepada media ini, Sabtu (27/4/2024).

Diungkapnyanya, laporan awal kemunculan orang utan yang sempat viral beberapa waktu lalu lintas kemarin sekitar pukul 11.00 WIB. Dia bersembunyi diatas pohon besar yang ada di belakangan rumah warga Jalan Semekto, Sampit.

Orang utan sempat beberapa kali berpindah posisi dikarenakan terganggu oleh kehadiran warga sekitar yang ingin melihatnya. Petugas memberikan pengarahan agar warga jangan mendekati orang utan. 

“Rescue dilakukan pukul 18.20 WIB hingga selesai pukul 21.30 WIB. Kendala hujan dan gelap, sehingga orang utan yang sudah terbius sangkut di pohon dengan ketinggian sekitar 25 meter,” terangnya.

Dengan terpaksa tim melakukan upaya keras dengan memanjat pohon, namun semuanya berjalan lancar.

“Sebelum orangutan di masukan ke kandang angkut, dilakukan pemeriksaan. Kindisi OU nampak sehat, tidak ditemuksn luka, namun jari2 tangannya ada yang putus dan sudah lama mengering. Di duga kuat, dampak perkelahian OU dgn OU lainnya,” ujarnya. (sb)