seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

Dinkes Harap Re Akreditasi Puskesmas Ketapang Dapat Hasil Paripurna

by Redaksi - Tanggal 04-05-2024,   jam 12:25:15
Dinas Kesehatan Kotim menyambut kedatanga dari Tim surveyor dari Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia. (FOTO:ISTIMEWA)

SB, SAMPIT - Tim surveyor dari Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (LASKESI) melakukan penilaian survei Re-Akriditasi Puskemas Ketapang 2 selama tiga hari dari 1-3 April 2024.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kotim, Ali mengatakan, banyak aspek yang dinilai untuk mengukur mutu pelayanan. Pelaksanaan akrdeditas perdana di tahun 2024 semoga mendapatkan hasil paripurna.

"Untuk puskesmas di tahun sebelumnya mendapatkan hasil paripurna saat akreditasi, saya berharap hasil akreditasi kali ini juga bisa mendapat hasil paripurna," kata Ali, Jumat (3/5/2024).

Menurut Ali, untuk menjamin perbaikan mutu, maka peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko harus dilaksanakan secara berkesinambungan di puskesmas.

"Perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan," jelasnya.

Baginya, puskesmas wajib di akreditasi secara berkala, paling sedikit lima tahun sekali. Demikian juga re-akreditasi karena menjadi salah satu persyaratan krendesial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama.

"Melalui kegiatan survei re-akreditasi ini, harapan kepada puskesmas agar dapat berupaya maksimal mungkin untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas," tutupnya. (f1/sb)