seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

Kadisdik Kapuas Hadiri Pembukaan Pendidikan Penguatan Karakter

by Redaksi - Tanggal 14-03-2024,   jam 10:02:20
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Drs. Aswan hadiri pembukaan pendidikan penguatan karakter di SDN 3 Selat Hilir, Kamis (14/3/2024). FOTO: SASTRIONO

SB, KUALA KAPUAS - Sekolah melaksanakan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), dan kegiatan langsung dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Drs. Aswan., M.Si.

Menurut Aswan, yang membuka langsung Pendidikan Penguatan Karakter semua agama di sekolah masing-masing, atau pesantren Ramadan 1445 Hijriah bagi beragama Islam dalam rangka pelaksanaan Bulan Suci Ramadan.

"Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), adalah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa," ucap Aswan.

Lanjutnya, melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.

"Kegiatan PPK itu antara lain bagi umat islam membaca Asmaul Husna, Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, shalat dhuzur berjamaah, yasinan, ceramah agama, kultum, dan peringatan hari besar Agama, kegiatan keagamaan lainnya," lanjutnya.

Aswan mengatakan pada dasarnya tujuan utama pendidikan karakter adalah untuk membangun bangsa yang tangguh, dimana masyarakatnya berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, dan bergotong-royong.

"Semua sekolah yang di monitor SDN 3 Selat Hilir dan SMPN 2 Selat, jadi Senin depan kunjungan dengan Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi., ST., akan melihat langsung," tegasnya. (tri)