seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

Ini Alasan Perpedayak Geruduk Kantor BPN Kapuas

by Redaksi - Tanggal 02-12-2022,   jam 08:33:51
Aksi anggota Perpedayak di Depan Kantor ATR-BPN Kapuas, Rabu (30/11/2022) lalu. FOTO : TRIONO

SB, KUALA KAPUAS - Anggota Perpedayak berkumpul di Taman Kota sebelah kantor BPN Kapuas pada Rabu (30/11/2022), kemudian massa berkumpul di depan Kantor BPN Kapuas di luar pagar.

Timotius Mahar selalu Ketua Perpedayak melakukan orasi terkait dari tujuan aksi Perpedayak di Kantor BPN Kapuas. 

"Intinya kedatangan kami mau bertemu Pihak BPN. Kami meminta mediasi terkait sertifikat dan HGU," kata pria yang akrab disapa Ebep ini

Dalam aksi ini pengawalan ketat dari pihak kepolisian setempat, warga menyampaikan aspirasinya dan meminta solusi kepada pihak ATR-BPN Kapuas. 

Saat dikonfirmasi awak media terkait aksi damai tersebut, Ketua Perpedayak Kapuas, Ebep menjelaskan, persoalan ini sudah cukup lama berlarut-larut, yakni sekitar 3 bulan, namun sampai dengan saat ini masih belum ada kejelasan dalam penyelesaiannya. 

"Aksi kami ini untuk meminta penjelasan ATR-BPN terkait persoalan tumpang tindih sertifikat atas nama Bapak Ilham di area HGU PT. LAK. Sementara ini ada dua sertifikat. Kemungkinan yang lain kita tidak tahu. Luasan lahannya dua hektare di satu sertifikat. Lokasi lahan di Padat Karya, Kecamatan Dadahup," jelasnya.

Dirinya berharap, hal ini bisa cepat selesai, yang penting ada solusi bersama antara pemilik dan pihak perusahaan, sehingga tidak ada yang dirugikan. 

"SHM itu sah, tapi tidak bisa digunakan karena ada HGU. Jadi, itu yang kita perlu kejelasan dari pihak BPN supaya bisa menyelesaikannya," tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor ATR-BPN Kapuas melalui Kasi Pengembangan dan Pengadaan BPN Kapuas, Richard Djanas, menjelaskan pihaknya akan segera memfasilitasi pertemuan dengan perusahaan. 

Ia menegaskan kepastian adanya tumpang tindih bisa diketahui setelah pihaknya turun ke lapangan. "Sehingga kebenaran adanya dugaan tumpang tindih tersebut benar adanya," ucapnya. (tri)