seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

Modal Pengakuan Pencurian Ponsel, Polisi Ringkus Pengedar Sabu

by Redaksi - Tanggal 24-11-2022,   jam 09:04:20
DIAMANKAN : Yo terduga pengedar dan barang bukti sabu berhasil diamankan kepolisian di Jalan Tjilik Riwut, Selasa (22/11/2022) FOTO : HUMAS POLRESTA PALANGKA RAYA

SB, PALANGKA RAYA – Seorang pria berinisial A alias Yo (44) diduga sebagai pelaku pengedar narkotika jenis sabu-sabu diringkus Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Palangka Raya.

Pemilik 18 paket sabu siap edar dengan berat 5,56 gram tersebut ditangkap Jalan Tjilik Riwut Km 47, Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada Selasa (22/11/2022) sekitar pukul 19.00 WIB.

Kasat Resnarkoba Polresta Palangka Raya, Kompol Asep Deni Kusmaya mengatakan, pengungkapan tersebut adalah informasi dari masyarakat adanya transaksi narkoba.

"Kami langsung berkoordinasi dengan Polsek Bukit Rakumpit. Terduga pelaku berhasil kami ringkus tanpa perlawanan pada sebuah warung yang berada di kawasan Jalan Tjilik Riwut Km 47 Kota Palangka Raya," ujar Kasat Narkoba, Kamis (24/11/2022).

Dijelaskannya, selain pelaku mereka juga mengamankan barang bukti berupa 18 paket diduga sabu seberat kotor sekitar 5,56 gram yang dikemas paket kecil setiap diedarkan.

Asep Deni pun melanjutkan, sel dengan menerangkan kronologis penangkapan tersangka tersebut, yang berawal dari pengungkapan kasus Tindak Pidana Pencurian oleh Polsek Rakumpit di hari yang sama sekitar pukul 15.00 WIB.

“Pengungkapan kasus ini berawal dari penangkapan seorang pelaku Tindak Pidana Pencurian berinisial EM (32) pada kawasan Jalan Tumbang Talaken Km 44 Hari Selasa kemarin, yang dilakukan oleh Bapak Kapolsek Rakumpit, Iptu Waryoto bersama personelnya,” terangnya.

Dalam proses pengamanan dan penggeledahan pelaku Tindak Pidana Pencurian tersebut, Polsek Rakumpit pun menemukan satu paket diduga narkotika jenis sabu, yang kemudian berkoordinasi bersama Satresnarkoba Polresta Palangka Raya untuk menindaklanjutinya.

“Setibanya di TKP tersebut, kami bersama Polsek Rakumpit pun melakukan penyelidikan dan pengembangan guna mengungkap dari mana asalnya paket diduga sabu tersebut,” tutur Asep Deni.

“Dengan hasil mengarah kepada seorang pria berinisial A alias Yo yang berlokasi pada sebuah warung di kawasan Jalan Tjilik Riwut Km 47, sehingga kami pun bergerak untuk memastikannya dan akhirnya melakukan penangkapan terhadap tersangka tersebut,” lanjutnya.

Tersangka itu pun saat ini telah diamankan pada Mapolresta Palangka Raya guna menjalani proses penyidikan serta pemeriksaan lebih lanjut, beserta juga dengan 18 paket diduga sabu dan beberapa barang bukti lainnya seperti seunit HP, Uang Tunai Rp 160.000,00, sebuah sendok plastik, dompet kacamata dan tas slempang.

“Tersangka A terancam dikenakan Pasal 114 ayat 1 Juntco Pasal 112 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan hukuman pidana paling lama 20 tahun penjara,” pungkas Asep. (ok)