seputarborneo.news@gmail.com

082152561188

PKL Berjualan Diatas Drainase Ditertibkan

by Redaksi - Tanggal 30-06-2022,   jam 09:27:03
DITERTIBKAN : Petugas Satpol PP Kota Palangka Raya saat menertibkan para PKL yang berjualan di atas drainase.

PALANGKA RAYA – Ratusan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) di kawasan Pasar Besar yang berjualan di atas drainase ditertibkan oleh tim gabungan dari TNI, Polri, Disperindag, PU, Satpol PP dan instansi terkait lainnya pada Kamis 30 Juni 2022.

Camat Pahandut Berlianto yang memimpin penertiban mengatakan, kegiatan tersebut sesuai instruksi dari Walikota Palangka Raya agar kawasan tersebut lebih tertata, bersih dan rapi 

Disampaikan, sebelum dilakukan penertiban sebelumnya sudah disosialisasikan selama satu Minggu agar lapak yang diatas drainase bisa dipindah.

"Penertiban ini bukan kujuk-kujuk, tetapi sebelum sudah kita sosialisasikan. Dengan harapan pedagang yang berjualan di atas drainase tidak ada lagi, sehingga mudah apabila suatu saat dilakukan pembersihan," ucapnya.

Selain itu, apabila mereka sudah terelokasi di lapak yang sudah tersedia maka ruas jalan ini kelihatan bersih, rapi dan lebih tertata serta tidak terjadi kemacetan.

Dengan demikian, lanjutnya, drainase dikawasan sepanjang Jalan Jawa, Jalan Bangka, Jalan Seram dan Jalan Sumatera dan lainnya dapat dilakukan tindakan pembersihan oleh Dinas Pekerjaan Umum serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya.

"Memang ada yang protes, namun setelah kita berikan pemesanan mereka pun menerima. Setelah bersih maka kita akan lakukan patroli setiap hari, selain itu Kami juga memasang spanduk larangan berjualan," sebut Berlianto.

"Kami pun tidak pernah mematikan usaha pedagang, maka dari itu memasang spanduk sehingga pelanggan mereka mengetahui bahwa pindah lokasi. Lokasi yang sudah disiapka berada di Pasar Martapura, Pasar Pahandut Indah dan Pasar Itah," tutupnya. (ok)